Kuliah Umum Pertahanan Republik Indonesia: Quo Vadis Pertahanan RI. Biaya atau Investasi?

Pada hari Sabtu, 23 Juli 2022 telah dilaksanakan Kuliah Umum Pertahanan Republik Indonesia yang mengangkat tema Quo Vadis Pertahanan RI. Biaya atau Investasi? di Aula Lantai III Universitas Muhammadiyah Pontianak.

Acara yang diselenggarakan oleh Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak, Fakultas Hukum UM Pontianak, Pemuda Muhammadiyah, Nasyiatul Aisyiyah, Ikatan Mahasiswa Muhammadiyah, dan Ikatan Pelajar Muhammadiyah ini mendatangkan Juru Bicara Menteri Pertahanan RI Dr. Dahnil Anzar Simanjutak, M.E. sebagai narasumber yang dihadiri juga oleh Bapak Walikota Pontianak Ir. Edi Rusdi Kamtono, MM, MT.

Kegiatan ini adalah bentuk sosialisasi Kementerian Pertahanan RI terkait isu pertahanan yang tidak populer di telinga publik. “Ancaman pertahanan RI bukan hanya militer namun juga non militer, yang paling utama adalah Narkoba. Narkoba ini pintu masuknya selain dari daerah perbatasan, adalah daerah konflik”, ujar Dr. Dahnil Anzar Simanjutak, M.E.

Di akhir materi, beliau berpesan agar para peserta kuliah umum untuk pentingnya memandang biaya pertahanan RI sebagai investasi jangka panjang untuk melindungi Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Oleh: Fita Kurniasari.