Workshop Penelusuran Informasi dan Reference Manager

Dalam rangka menjamin kemajuan akademik dan mendorong keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan tugas akhir, Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak melakukan Kerjasama dengan Perpustakaan UM Pontianak dengan melaksanakan program Workshop Penelusuran Informasi dan Reference Manager yang dilaksanakan pada hari Senin, tanggal 26 Februari 2024 di Laboratorium Komputer Terpadu Lantai 2 Gedung C. Acara ini diikuti oleh 30 Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak yang diikuti Mahasiswa yang akan mengikuti tugas akhir.

Acara pertama dibuka oleh Wakil Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak Ibu Heni Safitri, S.E., M.M sekaligus sosialisasi mengenai penelitian kolaboratif antara dosen dan mahasiswa yang sedang menempuh tugas akhir. Dalam penelitian payung, mahasiswa mengambil bagian sub tema dari tema besar penelitian dosen. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kualitas analisis dosen dan mahasiswa, memberikan keterlibatan yang aktif kepada mahasiswa bersama dosen, serta membantu mahasiswa dalam proses penyusunan tugas akhir. “Harapannya mahasiswa dapat mengembangkan penelitian dosen yang harus sesuai dengan konsentrasi masing-masing (Pemasaran, Keuangan dan SDM), selain itu mahasiswa juga tidak boleh melakukan riset semaunya dan harus sesuai dengan arahan yang telah ditentukan oleh pihak Fakultas Ekonomi dan Bisnis UM Pontianak”, ujar Ibu Heni Safitri, S.E., M.M.

Acara berikutnya penyampaian materi oleh Bapak Dwi Cahyo Prasetyo, S.IP., M.A (Kepala Perpustakaan UM Pontianak). Materi pertama mengenai penelusuran informasi dimana penelusuran informasi merupakan keterampilan krusial di era digital, memungkinkan mahasiswa untuk mengidentifikasi informasi yang relevan dan akurat dari berbagai sumber. Proses ini dimulai dengan pengenalan sumber informasi yang luas, mulai dari jurnal ilmiah hingga sumber online, dan memerlukan pemahaman tentang teknik pencarian yang efektif untuk memanfaatkan kata kunci dan operator pencarian secara efisien. Evaluasi kredibilitas dan relevansi informasi ditempatkan pada inti penelusuran, bersama dengan pentingnya menghargai etika dan hak cipta. Ini tidak hanya tentang menemukan informasi yang tepat tetapi juga tentang menghormati kerja keras dan hak intelektual orang lain.

Di sisi lain, manajemen referensi (reference manager) membantu pengorganisasian sumber informasi yang ditemukan selama penelusuran. Dengan bantuan perangkat lunak manajemen referensi seperti Zotero, Mendeley, atau EndNote, pengguna dapat mengimport, mengorganisir, dan menyimpan referensi dengan efisien. Ini memungkinkan integrasi yang mulus dengan perangkat lunak pengolah kata untuk penyisipan kutipan dan pembuatan daftar pustaka, memastikan pengutipan yang akurat dan menghindari plagiarisme. Melalui pengorganisasian yang baik menggunakan alat manajemen referensi, mahasiswa dapat meningkatkan kualitas penulisan akademik mereka, menjaga integritas akademik, dan memudahkan proses peninjauan dan penelitian mereka. Di akhir acara mahasiswa diberikan latihan untuk menilai seberapa besar pemahaman tentang penelusuran informasi dan manajemen referensi.

Oleh: Arninda.